Senin, 11 November 2013

Kode Logistik NATO

Federal Supply Classification

Pada saat berdiskusi dengan seorang atasan di perusahaan tempat saya bekerja mengenai kode-kode untuk persediaan dalam perusahaan. Atasan saya memberikan satu buku mengenai penggelompokan persediaan berdasarkan Logistic Code NATO. Saya mernjadi tertarik untuk mengetahui lebih dalam pembahasan tersebut.
NATO


NATO singkatan dari North Atlantic Treaty Organization (dalam Bahasa Indonesia disebut Pakta Pertahanan Atlantik Utara) merupakan suatu organisasi international yang dibentuk untuk keamanan. Didirikan pada tahun 1949 oleh beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Defense Logistics Agency


Dalam perjalanan nya NATO banyak membantu membuatkan suatu patokan standar untuk organisasi nya sendiri dan pada perjalanan waktu standar tersebut banyak pula digunakan untuk organisasi atau perusahaan dalam membantu menjalankan usaha lebih baik. Seperti dalam bagian logistik, sistem pengelompokan persediaan di NATO memiliki suatu standar baku yang memetakan hampir semua jenis-jenis persediaan yang ada atau NATO Stock Number. Mengacu pada sistem yang dibuat oleh NATO pada Mei 1984 sebuah badan bernama Defense Logistics Agency membuat Federal Supply Classification yang terdiri dari beberapa bagian. Pada bagian pertama membahas Kelas dan Group persediaan, yang terbagi menjadi group 10 s/d 99.


Catatan:
1. Gambar Defense Logistics Agency
2. Gambar NATO


Tidak ada komentar:

Posting Komentar