Senin, 27 Mei 2013

Sertifikasi Profesional Seorang Internal Audit

Sertifikasi profesional merupakan suatu pengakuan yang diberikan suatu organisasi terhadap seseorang yang telah menunjukan telah menjalankan pekerjaan sesuai standar profesi yang telah ditetapkan organisasi. Biasanya sertifikasi yang telah diberikan harus diperbaharui dan melaksanakan pendidikan berkelanjutan juga.

Untuk seorang internal audit, terdapat beberapa sertifikasi yang dapat diperoleh sebagai tanda professional dalam pekerjaannya yaitu:
1.      Certified Internal Audit (CIA)
CIA memang masih menjadi pengakuan yang paling terkenal di bidang internal audit. Di Indonesia, Gelar CIA ini sama dengan Qualified Internal Audit (QIA) yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA),  Professional Internal Auditor (PIA) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Akuntansi STAN, dll. CIA diterbitkan The Institute of Internal Auditor (IIA) yang berpusat di Florida USA. IIA merupakan organisasi professional yang anggotanya terdiri dari orang-orang yang professional Internal Audit di seluruh dunia. Untuk memperoleh gelar tersebut seseorang dapat melakukan ujian pada 4 tahap secara online dan menggunakan Bahasa Inggris serta Bahasa Indonesia (khusus ujian yang diadakan di Indonesia). Di Indonesia terdapat 3 lembaga penyedia persiapan dan ujian CIA yaitu, Pusat Pengembangan Akuntansi UI (PPA UI), YPIA dan Binus Business School.
2.      Certified Control Self Assessment (CCSA)
CCSA diterbitkan pula oleh IIA. CCSA merupakan pemahaman terhadap dasar-dasar penilaian pengendalian secara pribadi terkait seperti risiko, kontrol, dan tujuan bisnis.
3.      Certified Government Audit Professional (CGAP).
CGAP diterbitkan pula oleh IIA. CGAP merupakan dirancang khusus untuk auditor yang bekerja di sektor publik pemerintah.
4.      Certified Information System Auditor (CISA)
CISA diterbitkan oleh Information System and Control Association (ISACA) yang berdiri tahun 1967. Di Indonesia persiapan ujian CISA dapat dilakukan di Pusilkom UI atau in-house training dari pihak ISACA Indonesia dan ujian dapat dilakukan di 2 kota yaitu Jakarta dan Suarabaya. Selain CISA terdapat sertifikasi lain yang diterbitkan oleh ISACA yaitu: Certified Information Security Manager (CISM), Certified in the Governance of Enterprise IT (CGEIT) dan Certified in Risk and Information Systems Control (CRISC).
5.      Certified Fraud Examiners (CFE)
CFE diterbitkan oleh Association of Certified Fraud Examiners (ACFE). Di Indonesia sendiri sudah ada  ACFE Indonesia yang berdiri sejak 2002 tetapi untuk ujian CFE sendiri tetap dilakukan oleh ACFE Head Quarter secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar